Kamis, 22 Januari 2009

Soal UAS ILMU PENDIDIKAN ISLAM

UJIAN AKHIR SEMESTER
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH KENDAL
TAHUN AKADEMIK 2008/2009


Hari/Tanggal : Ahad, 1 Februari 2009 Semester : V,VII
Waktu : 13.00 – 14.30 WIB Dosen : Dian Fajarwati, S.PdI


PETUNJUK :
1.Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
2.Dikumpulkan pada tanggal 1 Februari 2009, diketik dan di jilid rapi 1,5 spasi, top 4, bottom 3, left 4, right 3.
3.Sifat : OPEN BOOK !

ILMU PENDIDIKAN ISLAM

1.Prof. Dr. Omar Muhammad al Toumi al Syaibani memperinci pandangan Islam terhadap manusia atas delapan prinsip. Prinsip-prinsip tersebut digali dari Al-Quran dengan memahaminya dari berbagai aspek penafsiran dan kenyataan yang dapat dihayati.
Sebutkan delapan prinsip pandangan Islam terhadap manusia menurut Prof. Dr. Omar Muhammad al Toumi al Syaibani tersebut !

2.Jika kita mempersoalkan batas-batas pendidikan, maka yang dimaksudkan adalah pembatasan nyata dari proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu.
Menurut saudara kapankah pendidikan bisa dimulai dan kapan pendidikan harus diakhiri ? Deskripsikan pendapat saudara dengan berdasarkan teori pendidikan yang ada !

3.Untuk mencapai tujuan pendidikan memerlukan berbagai alat dan metode. Istilah lain dari alat pendidikan adalah media pendidikan.
a.Carilah definisi media pendidikan menurut beberapa ahli (min. 3 ahli) !
b.Media pendidikan apa saja yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah ? (min. 5)

4.Pokok-pokok materi kurikulum pendidikan agama Islam meliputi : (a) Hubungan manusia dengan Allah SWT, (b) Hubungan manusia dengan manusia, (c) Hubungan manusia dengan alam.
Deskripsikan pendapat saudara bagaimana cara mengaplikasikan ketiga pokok materi kurikulum pendidikan agama Islam tersebut dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada suatu jenjang pendidikan tertentu : SD, SMP, SMA/SMK (pilih salah satu).

5.Pendidikan Agama Islam sebagai disiplin ilmu dapat dianalisis dari segi sistematis atau pendekatan system. Dalam konteks ini, pendidikan Islam dipandang sebagai proses yang terdiri dari sub-sub system atau komponen-komponen yang saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam.
Sejalan dengan pendekatan siste, orientasi pendidikan Islam memiliki karakteristik yang bersifat goal oriented secara operasional,
Jelaskan pengembangan model pendidikan Islam yang dilaksanakan berdasarkan pendekatan system !

6.Berdasarkan pendekatan keagamaan, tujuan Pendidikan Islam adalah pengabdian dan penyerahan diri secara total kepada Allah SWT, sebagaimana termaktub dalam QS. Adz-Dzaariyat : 56 dan QS. Al An’aam : 162.
Deskripsikan secara principal model yang ideal bagi proses pendidikan Islam yang sejalan dengan nilai-nilai religius Islami !

7.Secara umum ada beberapa metode pendidikan Islam yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, diantaranya :
a.Metode situasional
b.Metode Tarhib wat targhib
c.Metode belajar berdasarkan conditioning
d.Metode berdasarkan prinsip kebermaknaan
e.Metode dialogis
f.Metode Inovasi
g.Metode pemberian contoh teladan yang baik (uswatun hasanah)
Buatlah rancangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan salah satu metode di atas menurut jenjang pendidikan tertentu SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA (pilih salah satu).

GOOD LUCK !
Allah menurunkan kesulitan, tapi juga menunjukkan jalan kemudahan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar