Sabtu, 03 Januari 2009

Soal UAS Administrasi Pendidikan

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH : ADMINISTRASI PENDIDIKAN
SEMESTER : I, III, V
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH KENDAL


PETUNJUK UMUM :
1. Sifat : Take Home & Open Book
2. Kerjakan dengan komitmen akademik yang tinggi, sehingga tidak terjadi kesamaan jawaban antar mahasiswa. Jika terdapat kesamaan yang identik entah disengaja maupun tidak disengaja maka nilai akan dibagi 2.
3. Jawaban dikirim ke : difasmart@gmail.com
Dengan cara pengiriman email pada “lampirkan file” atau “attach to file” Paling lambat tanggal 28 Januari 2009 jam 16.28 WIB (Waktu Insan Beriman). Bagi jawaban yang dikirim melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka nilai akan ditunda.
4. Soal dapat diunduh di : alFarabyDane.blogspot.com
Mulai hari senin, 5 Januari 2009.
5. Jawaban diketik rapi dengan spasi 1,5, Top 4, Bottom 3, Left 4, Right 3.

SOAL :
1. Administrasi pendidikan sebagai ilmu mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dengan ilmu administrasi lain. Menurut Drs. Sodiq A. Kuntoro, M.Ed., perbedaan administrasi pendidikan dan administrasi lain terletak pada prinsip-prinsip operasionalnya, dan bukan pada prinsip-prinsip umumnya.
Jelaskan pengertian Administrasi Pendidikan menurut para ahli (min. 3 ahli) dan apa sajakah prinsip-prinsip operasional dalam administrasi pendidikan !

2. Salah satu rancangan kepemimpinan yang lebih komprehensif dikemukakan oleh Ralph M. Stogdill dan kawan-kawannya yang mengemukakan dua belas dimensi kepemimpinan, yang dijabarkan dari komponen “orientasi system” dan “orientasi person”.
Sebutkan dan jelaskan dua belas dimensi kepemimpinan tersebut yang meliputi komponen ‘orientasi sistem’ dan ‘orientasi person’ !

3. Inservice-training dan upgrading merupakan salah satu fungsi kepengawasan (supervisi) yang sangat penting. Pembinaan dan usaha perbaikan pendidikan tidak mungkin berhasil tanpa disertai dengan pembinaan dan perbaikan mutu pengetahuan serta cara kerja para pelaksananya, yaitu guru-guru.
Jelaskan pendapat saudara mengapa Inservice-training dan upgrading sangat diperlukan bagi pelaku pendidikan.

4. Seorang Kepala Sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab melaksanakan fungsi-fungsi administrasi yang harus diterapkan ke dalam kegiatan-kegiatan sekolah.
Deskripsikan dengan disertai contoh tugas-tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi administrasi pendidikan !

5. Guru sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu harus menyusun rancangan administrasi pembelajaran yang akan disajikan kepada peserta didiknya.
Buatlah rancangan Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan RPP (untuk Program Tahunan & Semester cukup rancangan dalam 1 semester saja, Silabus & RPP 1 Kompetensi Dasar saja) menurut mata pelajaran yang saudara tekuni (lebih diutamakan mata pelajaran PAI) dengan jenjang pendidikan SD,SMP,SMA/SMK (pilih salah satu).

6. Keberadaan guidance and counseling (bimbingan dan konseling) di sekolah amat diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam proses pendidikan.
a. Bagi siapa bimbingan itu diperlukan ? Benarkah hanya anak abnormal saja yang perlu mendapatkan bimbingan ? Jelaskan pendapat saudara !
b. Mengapa bimbingan perlu diadakan di sekolah-sekolah ?
c. Siapakah yang melaksanakan bimbingan itu ?

7. Makin majunya konsep-konsep pendidikan menunjukkan kepada para pendidik, terutama guru-guru di sekolah, agar pendidikan dan pengajaran tidak lagi subject matter centered, tetapi hendaknya community life centered; tidak lagi berpusat pada buku, tetapi berorientasi pada kebutuhan kehidupan di dalam masyarakat.
Jelaskan konsep pendidikan yang berbasis masyarakat (mengandung implikasi yang berhubungan dengan masyarakat).

Good Luck !
Allah menurunkan kesulitan namun juga menunjukkan jalan kemudahan...
Yakinlah bahwa tidak ada yang sulit selama kita mau berdoa, belajar dan berikhtiar.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr,wb.

    Maaf nggak sengaja buka buka blog... ada blog ini.

    Selamat Dian.... satu langkah anda telah membuat Mahasiswa STIT Muhammadiyah memiliki inovasi dan kreatifitas untuk belajar banyak tentang banyak hal dari Internet, sehingga tidak sekedar tahu dari contek mencontek saja...

    Mudah-mudahan Mahasiswa STIT jadi lebih dinamis
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  2. bu ada jawabanya nggak soal diatas

    BalasHapus