Kamis, 22 Januari 2009

SOAL UAS DASAR-DASAR BK

UJIAN AKHIR SEMESTER
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH KENDAL
TAHUN AKADEMIK 2008/2009


Hari/Tanggal : Ahad, Januari 2009 Semester : I, III
Waktu : 13.00 – 14.30 WIB Dosen : Dian Fajarwati, S.PdI


PETUNJUK :
1.Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
2.Dikumpulkan pada tanggal Januari 2009, diketik dan di jilid rapi 1,5 spasi, top 4, bottom 3, left 4, right 3.
3.Sifat : OPEN BOOK !


DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Identifikasikanlah :
a. Perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat tempat anda tinggal selama lima tahun terakhir, terutama perubahan dalam bidang prasarana dan sarana fisik, sosial-kebudaya, sosial-ekonomi, pendidikan,ilmu pendidikan dan teknologi.
b. Dampak perubahan-perubahan tersebut terhadap warga masyarakat (baik secara individual maupun kelompok). Berikan contoh masing-masing dampak tersebut, khususnya yang mengarah kepada timbulnya permasalahan yang dihadapi oleh orang-orang yang bersangkutan.
2. Berikanlah contoh-contoh kenyataan yang menunjukkan:
a. Keindahan dan ketinggian derajat manusia sebagai perwujudan positif dari hakikat kemanusiaan manusia.
b. Keburukan dan kerendahan derajat manusia sebagai akibat dari kurang berkembangnya hakikat kemanusiaan manusia dan sifat manusia yang melampaui batas.
Dalam menjawab pertanyaan diatas, pembahasan anda hendaknya dikaitkan dengan kenyataan dan/atau kemungkinan perubahan dalam berbagai bidang yang terjadi di masyarakat.

3. Satu atau sejumlah masalah menjadi kandungan kasus. Apakah sebenarnya masalah itu ? Ada orang yang mengatakan bahwa sesuatu dapat disebut masalah apabila memiliki satu atau lebih ciri-ciri berikut :
a. Tidak disukai adanya;
b. Ingin dihilangkan keberadaannya;
c. Dapat menimbulkan kerugian dan/atau kesulitan.
Bagaimana pandangan anda terhadap ketiga ciri tersebut? Diskusikanlah! Apabila anda sependapat, kemukakanlah beberapa contoh masalah dan terapkanlah ciri-ciri tersebut terhadap masalah yang menjadi contoh Anda itu. Apabila anda tidak sependapat, menurut Anda hal-hal apa yang sepatutnya menjadi ciri suatu masalah ? Uraikan pendapat Anda itu dan berikanlah contoh-contohnya!
4. Perhatikan kondisi sebuah sekolah:
a. Buatlah sebuah daftar yang memuat berbagai kondisi yang kurang menguntungkan yang ada disekolah itu, dengan rincian:
1) Jenis objek yang dimaksud (misalnya ruang kelas, pekarangan dan sebagainya).
2) Keadaan masing-masing objek itu memperlihatkan kondisi yang kurang menguntungkan.
3) Akibat-akibat yang dapat ditimbulkan oleh masing-masing kondisi yang kurang menguntungkan itu.
b. Undanglah konselor yang bertugas disekolah itu ajaklah beliau untuk mendiskusikan apa yang tercantum pada daftar anda sebagai jawaban pertanyaan no.a diatas. Diskusikan itu meliputi pokok pembicaraan:
1) Pendapat konselor sekolah tentang isi daftar yang anda buat.
2) Gejala-gejala yang tampak pada para siswa yang dapat diperkirakan sebagai akibat kondisi yang kurang menguntungkan itu.
3) Hal-hal apakah yang telah dilakukan oleh konselor untuk mengurangi lagi kondisi yang kurang menguntungkan.
5. Temuilah seorang konselor sekolah dan berwawancaralah dengan beliau tentang :
a. Seberapa jauh konselor itu memahami tanggung jawab terhadap siswa, orang tua, sejawat masyarakat, diri sendiri, dan profesi!
b. Sampai berapa jauh tanggung jawab itu telah terlaksana!
c. Kendala-kendala yang dihadapi apabila berbagai tanggung jawab itu akan terlaksana secara penuh.
Lebih jauh diskusikanlah hasil wawancara Anda dengan teman-teman!
6. Amatilah sebuah kelas disuatu sekolah dan berwawancaralah dengan guru penanggung jawab kelas serta konselor disekolah itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
a. Bagaimana menempatkan masing-masing siswa pada tempat duduknya sekarang?
b. Apakah posisi tempat duduk siswa-siswa itu pernah dan akan diubah?
c. Bagaimana reaksi para siswa setiap kali posisi tempat duduknya diubah? Beri contoh!
d. Bagaimana guru mempersiapkan para siswa untuk perpindahan posisi itu? Beri contoh!
e. Adakah rencana guru/konselor untuk mengadakan layanan penempatan siswa didalam kelas secara teratur dan terprogram? Kalau ada, beri contoh!
f. Bagaimana peranan konselor yang ada disekolah itu dalam layanan penempatan siswa didalam kelas yang sudah berlangsung dan yang akan datang? Beri contoh!
7. Untuk layanan penenmpatan dan penyaluran ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
a. Kegiatan ekstrakurikuler apa sajakah yang tersedia untuk para siswa?
b. Bagaimana penyebaran siswa yang mengambil jenis kegiatan tertentu? Beri contoh!
c. Untuk berapa lama keikutsertaan siswa dalam satu jenis kegiatan?Bagaimana mekanisme penggantian jenis kegiatan yang diikuti? Beri contoh!
d. Bagaimana kelangsungan keikutsertaan siswa dalam kegiatan yang diambilnya? Beri contoh!
e. Bagaimana tanggapan siswa tentang kegiatan yang diikutinya? Bagaimana pula hasil keikutsertaan mereka masing-masing? Beri contoh!
f. Bagaimana peranan konselor dan guru dalam penyaluran siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler? Bagaimana pula peranan orang tua? Beri contoh!
g. Bagaimana menjadikan layanan penempatan dan penyaluran kedalam kegiatan ekstrakurikuler itu sebagai program bimbingan dan konseling di sekolah itu secara menyeluruh?
8. Kunjungan rumah:
a. Apakah setiap penanganan masalah perlu disertai dengan kunjungan rumah? Jelaskan jawaban Anda dengan disertai contoh!
b. Bagaimana prosedur kunjungan rumah yang baik, mulai dari perlunya kunjungan rumah sampai kepada pembuatan laporan? Jelaskan jawaban Anda dengan disertai contoh!

GOOD LUCK !
Allah menurunkan kesulitan, namun juga menunjukkan jalan kemudahan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar